Ini Keunggulan Mesin Toyota Dual VVT-i
Teknologi pada sebuah mesin mobil memang
menjadi langkah baru bagi para pabrikan untuk membuat kinerja kendaraan
semakin baik serta lebih efisiensi bahan bakar. Salah satu dan mulai
marak di Indonesia adalah teknologi Dual VVT-i atau Variable Valve
Timing with Intelligence. Bahkan kabar terbaru menyebutkan bahwa New
Toyota Avanza nanti bakal memakai mesin ini.
Mesin Dual VVT-i
memang memiliki banyak sekali kelebihan, seperti yang dijelaskan oleh
Dedi Hendiradi selaku General Manager Technical Service Division PT
Toyota Astra Motor (TAM) bahwa teknologi tersebut mampu membuat mesin
lebih hemat bahan bakar dan juga lebih bertenaga dibandingkan dengan
mesin VVT-i. Dedi menambahkan Dual VVT-i memiliki exhaust dan camshaft
intake sehingga daya yang dihasilkan pun lebih sempurna namun tetap irit
konsumsi BBM.
Sementara itu untuk teknologi VVT-i
hanya memiliki intake saja dan meskipun sama-sama memiliki kelebihan
yaitu mampu menghemat bahan bakar namun secara tenaga fitur tersebut
sedikit ketinggalan dibandingkan dengan Dual VVT-i. Kelebihan lain yang
dimiliki oleh D VVT-i adalah sudah dilengkapi ECU yang berfungsi
mengatur dari kinerja antara exhaust dan intake. Secara performa mesin
dari mobil yang menggunakan teknologi tersebut juga lebih meningkat
hingga 5 persen.
Sementara itu mesin VVT-i yang merupakan
panjangan dari Variable Valve Timing with intelligence adalah teknologi
hasil buatan Toyota dan mulai dikembangkan untuk pertama kalinya pada
tahun 1991 silam. Hadirnya mesin tersebut memang menjadikan mesin jauh
lebih hemat bahan bakar namun baru bisa masuk ke Indonesia pertama kali
pada tahun 2003 saat diluncurkannya Toyota Camry dan juga Toyota Vios.
Meskipun demikian pada teknologi baru
seperti D VVT-i dan VVT-i ini juga memiliki kelemahan yaitu tidak bisa
dilakukan penggantian oli mesin secara sembarangan dan harus sesuai
dengan rekomendasi dari pabrikan. Hal itu dilakukan supaya tidak merusak
dari komponen yang terdapat pada teknologi tersebut dan jika tidak
mematuhi prosedur maka hasilnya akan sangat fatal sekali bagi kendaraan.
Mesin Dual VVT-i sendiri memang masih
jarang digunakan di Indonesia dan hanya sering dijumpai di mobil-mobil
mewah saja, sedangkan pada produk Toyota hanya terdapat pada dua varian
terbaru mereka yaitu Toyota Corolla dan Toyota Camry. Seperti yang ramai
diberitakan sebelumnya PT Toyota Astra Motor dikabarkan akan
meluncurkan generasi terbaru dari Toyota Avanza dengan menggunakan
teknologi D VVT-i.
Sedangkan untuk urusan dapur pacunya
akan menggunakan mesin berkode 4NR-FE dan 5NR-FE. Sebelumnya Toyota
Avanza mengandalkan dua varian mesin yaitu berkapasitas 1.300 cc dan
1.500 cc. Kehadiran model anyar dari mobil MPV paling laris di Indonesia
ini memang sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat tanah air terutama
pecinta mobil keluarga. Apalagi beberapa waktu yang lalu sosok spyshot
dari New Toyota Avanza sudah mulai muncul sehingga menambah penasaran
dari para penggemarnya.
Jika dilihat dari beberapa foto maka
tampang depan dari mobil ini terlihat lebih segar dengan perubahan utama
pada bagian grill serta headlamp, sementara itu di bagian belakang
dilakukan sentuhan baru sehingga terkesan mirip seperti Toyota Innova.
Pihak Toyota Indonesia memang masih enggan untuk membocorkan kapan waktu
peluncuran dari generasi terbaru tersebut dan hanya mengungkapkan jika
sudah waktunya akan segera diumumkan ke publik.
Kita tunggu saja keistimewaan apa yang
dimiliki oleh New Toyota Avanza 2015 nanti, beberapa pihak mengklaim
model anyar ini akan tetap memakai dua varian mesin yaitu 4NR-FE dengan
kapasitas 1.324 cc 4 silinder Dual CVVT yang mampu menghasilkan tenaga
mencapai 99 hp serta torsi 123 Nm. Sementara itu untuk mesin satunya
lagi berkode 5NR-FE berkapasitas 1.496 cc 4 silinder Dual VVT-i
bertenaga 107 hp dan torsi 140 Nm.
sumber: http://otonity.com/25543/mesin-mobil-baru-toyota-d-vvt-i-2015.html
sumber: http://otonity.com/25543/mesin-mobil-baru-toyota-d-vvt-i-2015.html
No comments: